Sabtu, 22 Januari 2011

SARAPAN PORSI BESAR BIKIN BUNCIT


kontras dengan beberapa pendapat sebelumnya bahwa sarapan dalam jumlah banyak bisa mengurangi asupan kalori kita per harinya, peneliti Jerman malah menyatakan banyak sarapan justru bisa membuat perut kita buncit karena semakin banyak kalori yang diasup.

Hasil studi yang dipublikasikan pada Nutrition Journal ini juga menunjukkan bahwa meski telah sarapan dalam porsi besar, orang cenderung akan tetap makan siang dan makan malam dengan porsi seperti biasanya, tidak berkurang. Maka itu, justru para peneliti Jerman menyarankan agar kita mengurangi porsi sarapan untuk membatasi kalori sehingga menjaga berat badan.

Asosiasi Diet Inggris (BDA) mengatakan sarapan memang penting bagi pola makan seimbang. Selama ini, memulai hari dengan sarapan sehat ditengarai mampu menurunkan berat badan.

Maka itu, tim dari Universitas Munich memantau hampir 400 orang selama dua minggu. Para partisipan lalu mencatat apa pun yang mereka makan, waktunya, dan berapa banyak porsinya. Beberapa dari mereka makan saat sarapan dalam porsi besar dan beberapa malah melewatkan sarapan. Mereka yang makan sarapan besar diketahui memiliki 400 kalori lebih besar ketimbang yang tidak sarapan. Mereka juga diketahui mengasup 400 kalori setiap harinya.

Dr Volker Schusdziarra, ketua tim peneliti, mengatakan "Hasil dari stusi ini menunjukkan bahwa orang yang sarapan tetap makan dalam porsi sama saat makan siang dan malam. Meski begitu, memang sarapan tetaplah penting.

Sian Porter, juru bicara BDA, mengatakan, "Terbukti memang, mereka yang sarapan memiliki pola makan seimbang daripada mereka yang melewatkan waktu makan. Mereka juga lebih mampu menjaga berat badan dan memiliki risiko lebih kecil terjangkit penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar